Cara Perawatan Bayi Pada Masa 1 Bulan Pertama Yang Harus Bunda Ketahui

Cara Perawatan Bayi Pada Masa 1 Bulan Pertama Yang Harus Bunda Ketahui

Bagi para orang tua yang belum pernah mempunyai anak mungkin masih akan sedikit canggung ketika mengurus bayi pada masa-masa awal yaitu usia 1 sampai 3 bulan pertama. Usia 1 bulan pertama merupakan salah satu masa terpenting bagi sang buah hati untuk tumbuh dan berkembang sehingga anda perlu mempersiapkan diri untuk hal tersebut agar tidak canggung atau takut ketika akan merawatnya. Terdapat beberapa hal penting yang perlu bunda lakukan dalam mengurus dan merawat bayi pada masa neonatal atau masa 1 bulan pertamanya

Menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan sang bayi

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh para orang tua dalam perawatan bayi pada usia 1 bulan pertama yaitu memberikannya stimulasi. Dukungan atau stimulasi yang diperlukan oleh bayi usia 1 bulan pertama ditujukan untuk melatih saraf sensorik dan motoriknya supaya mengalami perkembangan yang bagus dan optimal.

Selain menggunakan mainan anda juga memberikan stimulasi kepada bayi melalui tingkah atau perilaku anda. Buatlah ia aktif baik dari segi fisik maupun ekspresi, ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghibur si kecil mulai dari bernyanyi, memainkan mainan di dekatnya dan lain sebagainya.

Menjaga kesehatan bayi pada masa 1 bulan pertama

Salah satu masalah yang mungkin akan sering bunda alami ketika proses perawatan bayi pada masa 1 bulan pertama yaitu masalah kesehatan. Pada 28 hari pertama sang bayi di dunia ini merupakan salah satu masa kritis karena bayi harus menghadapi berbagai serangan virus dan bakteri dengan daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Selain itu beberapa organ bayi juga masih belum berfungsi secara sempurna sehingga akan sangat riskan apabila bayi terlalu sering atau terlalu lama mengalami sakit.

Maka dari itu pada usia 1 bulan pertama anda harus memberikan perawatan terbaik yaitu dengan memberikan asupan utama berupa ASI eksklusif serta membawanya ke posyandu atau pusat kesehatan terdekat agar mendapatkan vaksin atau imunisasi. Dengan melakukan beberapa tips tersebut maka diharapkan bayi dapat melewati 1 bulan pertamanya dengan sehat dan ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *